Keunggulan Konstruksi Baja Berat

Penggunaan material baja, seperti baja berat WF, H-beam, dll banyak digunakan untuk konstruksi pembuatan gudang, konstruksi struktur bangunan, konstruksi gedung, konstruksi jembatan, bahkan baja dapat digunakan untuk konstruksi pembuatan tangga rumah. Bahan baja sangat cocok digunakan untuk pembuatan konstruksi bangunan atau struktur dengan menggunakan teknik konstruksi modern, sehingga keunggulan dari sifat bahan baja yang dimiliki dapat dimanfaatkan secara maksimal, sehingga dewasa ini banyak sekali terlihat model arsitektur bangunan yang belum pernah ada atau dapat dibuat sebelumnya, tetapi dengan adanya bahan baja ini, semua itu menjadi mungkin.

Kelebihan Dan Kekurangan Struktur Baja

Baja adalah salah satu material yang yang memiliki karakteristik struktur yang sangat bagus. salah satu keunggulan dari material baja ini adalah pada karakteristik, kekuatan, berat dan instalasi. Dengan keunggulan tersebut bahan baja ini selalu dimaksimalkan penggunaannya dalam merancang suatu bangunan. Bangunan modern mampu berdiri dengan kokoh dan tegap saat menggunakan meterial baja, sehingga saat ini penggunaan material baja menjadi salah satu pilihan dalam teknik konstruksi bangunan modern.

Apa itu Konstruksi Baja Berat?

Baja adalah salah satu material yang terbentuk dari perbaduan bahan besi dengan beberapa bahan pelengkap lainnya seperti mangan, nikel, boron, dll. tambahan nikel dan mangan pada baja akan memberikan karakteristik kekuatan bapada bahan baja. Sedangkan penambahan bahan krom untuk meningkatkan titik didih dari bahan baja ini. Tantangan arsitektur modern kerap kali membutuhkan material dengan karakteristik tertentu yang dapat menggantingan penggunaan material konfensional seperti kayu, sehingga material baja kerap digunakan sebagai pilihan diantara bermacam jenis material yang ada. Konstruksi baja berat adalah salah satu teknik konstruksi modern dengan memanfaatkan penggunaan bahan baja sebagai stuktur utama bangunan dan dikombinasikan dengan bahan lain sehingga membentuk bangunan yang utuh dengan memaksimalkan kelebihan dari material baja. Konstruksi baja berat dapat diaplikasikan dalam pembuatan bangunan, gedung, pembuatan gudang, jembatan, dan struktur lainnya yang membutuhkan karakteristik bahan yang kuat dan mudah di bentuk.

Kelebihan dan Kekurangan Struktur Baja dibandingkan Beton

Keunggulan Konstruksi Menggunakan Baja Berat

Material baja berat adalah bahan yang sedang populer dewasa ini dan banyak digunakan oleh developer gedung atau bangunan dalam pembangun propertinya. Berikut adalah rangkuman beberapa keunggulan atau kelebihan yang dimiliki oleh bahan baja jika digunakan dalam konstruksi pembuatan bangunan, gedung, jembatan, kandang ayam bahkan untuk konstruksi tangga rumah. Berikut beberapa keunggulan konstruksi baja berat:

  • Sifat Bahan Baja Kaku dan Kuat
  • Baja Memiliki Sifat Yang Sama
  • Konstruksi Baja Cepat dan Praktis
  • Daya Tahan Kuat dan Lama
  • Mudah Dibentuk dan Hemat Biaya

Sifat Bahan Baja Kaku dan Kuat

Bahan material baja memiliki sifat kemampuan daya tarik tinggi. Jika dibadingkan denngan material lain seperti besi, baja merupakan material dengan daya tarik terbaik. bahan dengan kualitas beban atau daya tarik baik ini sangat dibutuhkan oleh bangunan yang memerlukan kekuatan dari daya tarik tinggi seperti gedung bertingkat, jembatan yang membutuhkan material yang kokoh

Konstruksi Baja Bangunan

Baja Memiliki Sifat Yang Sama

Baja umumya dibuat oleh indrustri besar atau pabrik, sehingga dalam pembuatannya sudah memiliki standar mutu yang baku, sehingga produk yang dihasilkan memiliki kualitas yang sama atau seragam. Sifat-sifat yang dimiliki oleh baja bersifat permanen, sehingga keuntungan dari penggunaan bahan baja ini akan terus dapat dinikmati oleh penggunanya. Bangunan yang dibangun dengan struktur baja, akan lebih terjamin kekuatannya dan daya tahannya karena sebelumnya telah diukur dan diperhitungkan dari spesifikasi teknis yang dimiliki dari material baja yang digunakan.

Konstruksi Baja Cepat dan Praktis

Proses pengerjaan konstruksi baja berat, meliputi proses fabrikasi dan instalasi atau proses erection tergolong sangat cepat jika dibandingkan dengan menggunakan material lain seperti kayu atau konstruksi beton bertulang dengan volume yang sama. Karena sifat bahan yang ringan dan mudah dibentuk sesuai konstruksi desain yang diinginkan, serta instalasi antar sambungan bisa mengunakan baut atau di las, membuat banyak waktu yang bisa dipangkas, sehingga konstruksi baja ini kerap dipilih untuk proyek yang membutuhkan waktu pengerjaan yang relatif singkat seperti pada konstruksi atap dengan struktur baja berat.

Baja WF - Informasi Tabel Baja, Ukuran, dan Kelebihannya

Daya Tahan Kuat dan Lama

Konstruksi baja berat atau bangunan dengan struktur baja berat, jika dirawat dengan baik akan mampu bertahan dengan sangat lama. Bukan tidak mungkin sudah banyak contoh bangunan dengan struktur baja berat mampu bertahan lebih dari seratus tahun. Dalam kasus tertentu bangunan dengan struktur baja berat tidak membutuhkan perawatan yang berlebihan sehingga sebenarnya bangunan dengan struktur baja berat membutuhkan biaya perawatan yang lebih sedikit, sehingga hal ini bisa dilihat sebagai salah bentuk investasi jangka panjang.

Mudah Dibentuk dan Hemat Biaya

Baja bisa dengan gampang dibentuk atau dirangkai sesuai dengan desain struktur yang dinginkan. Baja meiliki daya tahan terhadap karat atau corosi yang sangat bagus. Karena sifat fleksibel dibentuk baja dapat diaplikasikan untuk berbagai jenis keperluan, Jenis material baja sendiri ada beberapa macam, seperti Baja WF (wide Flange), I-beam, H-beam, dll. Ketika baja sudah berubah bentuk, sifat-sifat keunggulan yang dimiliki pleh baja tetap melekat dengan baik. Sifat yang fleksibel ini, menjadikan konstruksi baja menjadi pilihan yang baik sebagai konstruksi bangunan, karena sifat yang mudah dibentuk ini akan berjalan lurus dengan biaya yang dikeluarkan, sehingga konstruksi bangunan dengan memanfaatkan meterial baja menjadi lebih hemat. Jika anda tertarik untuk memakai konstruksi baja di Bali, dapat mengubungi kami di kontak berikut.

Informasi Terkait

Bagaimana cara menghitung ongkos konstruksi baja?

Perhitungan ongkos pekerjaan konstruksi baja berat bisa menggunakan sistem harga berdasarkan volume meter persegi (m2), berdasarkan volume berat baja yang dikerjakan atau bisa juga ongkos berdasarkan satuan pekerjaan atau borongan. Jadi semua tergantung pada kesepakantan kedua belah pihak.

Apa saja persiapan sebelum pekerjaan konstruksi baja berat dimulai?

Sebelum pekerjaan dimulai biasanya dilakukan tahap perencanaan untuk mengetahui detail kebutuhan, lokasi, perhitungan jenis material dan biaya, kemudian ada tahap persiapan lahan, fabrikasi material dan selanjutnya perakitan atau erection dari konstruksi yang akan dibangun.

Bagaimana perawatan bangunan yang menggunakan struktur baja berat?

Bangunan yang mengunakan struktur baja berat sebenarnya dalam hal perawatan sangat minim, cukup menjaga kebersihan dan melakukan pengecatan dengan cat khusus anti karat dapat membuat struktur bangunan baja berat dapat bertahan dalam waktu yang lama.

 

 

Info Lainnya

tukang batu alam

Jenis Batu Alam yang Cocok Untuk Bangunan Style Bali

Tukang harian dan borongan di bali

Mending Sistem Jasa Tukang Harian atau Borongan?

Post 004 - Tips memilih layanan bengkel las

Tips Memilih Jasa Bengkel Las Berkualitas di Bali

Info ongkos jasa tukang terbaru!

Menu